AKU KENAPA? Bipolar Disorder!

AKU KENAPA?
KAMU KENAPA
AKU KENAPA?
AKU KENAPA?
AKU KENAPA?

Adalah kalimat yang orang pertanyakan, aku pertanyakan tapi gapernah bisa jawab. Karena apa? Karena orang-orang yang gagal paham pasti ngira aku GILA! Jadi? Aku kenapa? Oke, let me answering your question here TODAY.

Bipolar dan Anxiety. THAT'S IT!






Jadi, apa itu bipolar? apa itu anxiety? GOOGLING PLEASE ! Ya, oke, ga tega juga. Aku kasitau aja disini.
So. bipolar adalah : https://id.wikipedia.org/wiki/Gangguan_bipolar
Inti nya klo kata dokter Bipolar adalah Gangguan dimana penderita mengalami fase perubahan mood yang terlalu ekstrem dan gabisa dikendaliin sesuka hati. Ibarat "cinta" ea. "Kau datang dan pergi oo begitu saja" KOK NYANYI 😑
TAPI, di wikipedia doi bilangnya gangguan mental :( kok aku merasa seperti orang ga waras kehilangan mental yang lari-lari ditengah jalan gapake baju yaw :(( sedih gak sih woiii

Dan apa itu Anxiety? Let us see here : https://www.halopsikolog.com/anxiety-disorder-adalah-gangguan-kecemasan/335/
Dan singkatnya Anxiety itu gangguan kecemasan yang sedikit berbahaya karena klo aku pribadi ngalamin anxiety ketika aku cemas tiba-tiba suka sesak nafas sendiri. Inget adegan Robert Downey Jr. di Iron Man 3? Doi bilang klo punya anxiety, dan when he dont get what he expected doi bakalan cemas, takut, sesak nafas dan panik. Ya aku juga gitu sebenarnya.

So, kenapasih bisa kena itu? jawabannya gatau. Asli aku juga gatau. Dokter juga gatau. Tapi dokter punya persepsi lain.
Here's the story 👇


"Awal aku tau aku ODB (Orang Dengan Bipolar) adalah sekitar 3 tahun yg lalu waktu itu masih aktif kuliah. Gejala? Sama sekali gapake gejala, buk pak, saya bukan demam berdarah ato tipus. Plis deh. Tapi lebih ngeri dan bahaya dari itu. Awal aku tau aku gitu setelah aku dibawa ke psikiater di salah satu rumkit di Medan. Dari dulu emang aku sadarin klo ada yang aneh sama mood aku, kenapa aku cepat marah, depresi dan nangis tiba-tiba. Lalu ada satu kejadian dimana aku 2 hari nangis terus dan suddenly siang nya aku ngamuk sambil megang pisau dapur. Dan itu gak normal kata mama aku, jadi dibawa lah ke psikiater.
Perasaan aku? Gatau, aku takut, cemas, sedih, tapi pengen tau juga aku kenapa.

Nyampe di psikiater, ditanya hal sepele nama aku, dan lain-lain, lalu apa perasaan aku saat ini aku jawab takut hehe dan seterusnya seterusnya.. gabisa bilang lebih jauh karena rahasia. Selanjutnya aku di hipnoterapi, dan disitu baru ketauan kalo aku ada Bipolar, Bipolar dulu nih yang ketauan. Dan berkali-kali terapi selama 5bulan dokter baru dapet keputusan kalo Bipolar aku itu disebabkan oleh aku sendiri dan itu udah berjalan selama 5 tahun lama nya. Jadi 2 tahun sebelum ke psikiater aku udah gejala dan baru ini ketauan aku bipolar. Katanya lagi aku terlalu mendam rasa, semua dipendap sendiri, gamau cerita atau gamau tau sama orang lain, padahal masih banyak tempat cerita. So, aku iyain emang, karena memang aku anak tunggal, cuma punya mama, papa ku died in 2013, teman? Selama ini aku berusaha ansos karena gatau kenapa takut aja, jadi gapernah dekat dan punya banyak teman. Apalagi sebelum tau kena bipolar aku pernah hampir bunuh temen aku sendiri no, mantan sahabat sekerang hehe sorry not sorry. Jadi, no thanks. Aku bisa survive sendiri kok dan hanya orang-orang beruntung yang aku temenin haha gajuga sih  aku kan badvibes untuk dunia :( kasian 😞
Oiya, efek hipnoterapi untuk semua org berbeda-beda ya. Klo ut aku, hipnoterapi punya efek yg buat aku somekind of hilang ingatan atau memori . Contohnya aku udah ga ingat hal-hal apa aja yg udh pernah aku lakuin selama kuliah, siapa temen aku waktu smp, sma apalagi sd. Dan ada masa dimana aku bener-bener blank banget otaknya sampe lupa aku kenapa, aku punya kawan siapa aja, dan sebagainya. Kata dokter itu wajar karena reaksi obat dan hipno sendiri tujuannya adalah uy ngepress tekanan batin atau sesuatu yg kjadi trigger/pemicu baliknya mood depressed dan anxiety aku.

Then, aku dikasi obat penenang dan lain-lain. Selama masa pengobatan which mean aku harus rutin minum obat dan harus terapi terus sekali sebulan, aku malah semakin stres, makin sedih dan gatau kenapa gitu, mungkin cemas mungkin emang takut aku kenapa aku harus gimana. Lalu, terapi yang kesekian kali nya, aku hipno lagi, dan ketauan lagi klo aku punya anxiety. Yap, aku juga ngerasa ada sesuatu yg lain ni yang ga beres. Kejaidan waktu skripsian dimana disitu skripsi ga kelar-kelar padahal teman yang lain udah pada sidang aku belum, dan bipolar aku harus di press dengan obat supaya ga kumat dan aku harus ada di fase normal atau manic. Tau fase manic? Dimana aku rasanya senang terus, gembira, ketawa terus, gabisa dan gamau tidur, maunya jalaan mulu, dan parahnya I have soo good mood in sex. That's true. Gatau kenapa tapi aku bukan jadi hypersex atau gimana bukan. Cuma bawaannya pengen manja mulu heran dah..
Back to skripsi yang ga kelar-kelar, aku mulai panik sendiri, cemas ga bakal lulus tepat waktu hahah, tiap malem aku kejar skripsian, dan pagi nya aku cemas, sesak nafas, garuk garuk sendiri, kuku aku tiba-tiba menghitam gatau kenapa, sering pucat sendiri. Dan ternyata aku divonis anxiety. Lalu terapi lagi penenangan diri, dan sebagainya. Masih berkutat dengan obat-obatan dan masih sering ngalamin perubahan mood yang drastis.

Jadi selama 3 tahun ini, aku selalu ngalamin mood swing dari yang musim hujan sering nangis, musim panas sering ngamuk dan klo udah di fase depressed aku emang bener-bener depresi sampe udah 4x percobaan bunuh diri dan gagal karena anxiety aku mikir ntar kalo aku ga mati yg ada aku sekarat, terus ditanya-tanya sama orang-orang aku kenapa, ntar klo aku mati kucing-kucing ku siapa yang jaga, ntar kalo aku mati aku gabisa married woi gila. dan sebagainya yap anxiety be like that...
Dan selama ini apa yang aku tutup-tutupin dari dunia adalah perkataan orang-orang tentang aku, mereka bilang I am a bitch, a whore, I'm a badvibes, I'm negative one,  mereka bilang aku ini itu. Padahal mereka gapernah tau apa yang harus aku lewati sampe sekarang, padahal mereka gatau aku kenapa, padahal mereka gak bakal tau klo aku dengar perkataan kasar dan buruk mereka ke aku akan buat aku kenapa, gimana aku ngadepin sarkasm kyk gitu. IT'LL STRESSED ME OUT ! BUT YOU DON'T UNDERSTAND!

Gara-gara perkataan sampah kaya gitu, aku udah 2x mikir mau bunuh diri, udah lirik-lirik baygon dan pisau nih, sekali sayat koit. Tapi gajadi juga, dan akhirnya aku nangis sejadi-jadinya teriak-teriak. 

Jadi, setelah aku tamat kuliah, wisuda dan lagi masa pengangguran, aku coba untuk membuka diri, mulai punya temen dan kata dokter gapapa itu bagus untuk aku karena aku bakal dapet teman yang pas untuk cerita, gapapa kamu cerita klo kamu itu bipolar dan anxiety, karena kamu gabakal tau siapa yang ada disaat kamu butuh dan siapa yang sama-sama survive bareng kamu mau itu sesama bipolar atau enggak.
Dan benar aja aku mulai cerita ke orang-orang yang nanya aku kenapa, dan ternyata ada beberapa teman sesama bipolar ataupun anxiety dan kami mulai tukar cerita, mulai cerita gejala awal, cara dia nenangin diri, sampe bisa survive sejauh ini. Aku? Aku akhirnya sadar bukan aku sendiri yang ngalamin kyk gini, ternyata banyak dan kita bakal sama-sama survive. Aku mulai ikutin cara dia tenangin diri, dapet banyak teman karena gabung grup bipolar dan ternyata teman-teman aku yang dulu adalah caregiver dimana selalu tempat curhat, tempat marah, tempat nangis, dan mereka selalu nenangin. So, I feel soo lucky. Ternyata dunia ga sejahat itu sama aku. Ternyata aku salah mandang orang-orang. Biarin yang bad vibes jauh-jauh gapapa diceritain, yang penting aku hidup, yang penting aku ga jadi bunuh diri, yang penting aku ga sendirian.

Walaupun terkadang kalo emang fase depresi dan lagi sedih-sedihnya aku selalu bilang kalo aku sendirian, aku selalu sendirian aku ga punya siapa-siapa. Lalu tanpa aba-aba teman-teman pada support aku then my mood will change and so on. Gitu aja seterusnya, klo senang ya senang banget tapi klo udah 2jam atau kapan pun dia pengen berubah yaa swiiinggg.... It'll change too fast."



Jadi, untuk kalian yang selalu nanya aku kenapa, here the anwers. Semua lengkap dari awal sampe akhir, karena aku gabisa jabarin satu persatu untuk ke kalian yang ga cuma 2-3 orang yang nanya aku kenapa, kami kenapa dan kalian gabakalan paham dan ngatain kita gila? WTF tapi gapapa, katanya ODB memiliki IQ yang lebih tinggi dan paling kreatif dibandingin normal people. So, WE'RE SPECIAL hehe. KATANYA. Kata dokter aku sih.
Seharusnya, untuk kalian yang basic nya normal people, seharusnya kalian sebagai caregiver untuk kita-kita yang membutuhkan. Bukannya semakin di judge atau dikatain yang aneh-aneh tentang hidup kita, tentang apa yang kita lewati, tentang masa lalu kita, BUKAN, Seharusnya kalian yang bakal ada kalo kita lagi down, lagi senang, lagi depresi. Get a life maybe, untuk kalian yang selalu ngeblock our spirit dengan perkataan kalian. Kami mencoba untuk berguna bagi kalian semua, kami kerja disaat kami harus rutin minum obat, kami tidur, disaat kami sedang fase manic, kami bersosialisasi, disaat kami dalam fase depressed, dan kami senyum disaat people ruining our life. Gapapa yang penting kita ga mati yaa...

Dan, untuk kalian yang baca ini. Normal people atau pun ODB dan Anxiety Survivor, kamu ga sendirian. Masih ada aku, teman aku, dan yang lain yang bakal saling support untuk diri kita sendiri. Kamu ga bakal bisa ngarepin orang-orang sekitar ngertiin kamu, karena kamu juga gabakalan ngerti what's going on in your fucking life and brain. Am I right? YES OF COURSE! Mood swing kita berubah drastis klo kamu ngarepin orang ngertiin kamu tapi kamu change dalam 3 jam berikutnya, IT'S A BIG NO! Psikiater kita juga kadang gelagepan klo ngadepin kita yang lagi fase depressed. Ya gak? Ya dong! So, We will survive. No matter what happen. Kita bisa kok, kita normal, like always. 

Salam Sehat Jiwa.

Komentar

Postingan Populer